Data Pribadi

Nama                                 : Nuri Rukmiarti
Jenis Kelamin                : Perempuan
Tempat, Tanggal Lahi : Pacitan, 08 Oktober 1992
Kebangsaan                    : Indonesia
Status                                : Belum Menikah
Agama                              : Islam
Alamat                             : Jl. Lingkar kampus IPB. Rt 01 Rw 05 Babakan Lebak,Balumbang Jaya. Dramaga. Bogor
No. Ponsel                      : 087758223427
E-mail                               : cela.kuro_pct@yahoo.co.id

Pendidikan

1999 – 2005      : SDN Tambakrejo 1
2005 – 2008      : SMP Negeri 1 Pacitan
2008 – 2011      : SMA Negeri 1 Pacitan
2011 – sekarang : Institut Pertanian Bogor (Fakultas Pertanian)

Kursus & Pelatihan
2002 : Bahasa Inggris (sertifikasi)
Pengalaman Organisasi:
1. 2008 – 2011 Karang Taruna Desa Tambakrejo, sebagai sekretaris, bendahara
2. 2009 – 2010 ekstra kurikuler kesenian Jawa, sebagai ketua

Jagung (Zea mays L.) merupakan tanaman serealia famili graminae. Kerabat paling dekat dengan jagung adalah rumput gama (Tripsacum) dan teosinte (Zea mexicana).  Di dalam biji jagung, embrio telah mempunyai lima bakal daun dan bakal akar-akar primer. Dalam proses perkecambahan, yang pertama kali keluar adalah akar radikel diikuti plumula. Akar radikel kemuadian diikuti oleh akar-akar seminal yang keluar dari bagian biji dekat plumula. Daun pertama dan kedua segera membuka dan dalam keadaan normal satu setelah muncul di permukaan tanah tanaman sudah tumbuh dengan baik.

Tanaman jagung memiliki titik tumbuh tunggal yang terletak di ujung batang. Untuk jagung berumur dalam (sekitar 110 hari), pada keadaan normal jumlah daun total telah terbentuk pada umur 30 hari. Jagung merupakan tanaman monocious. Bunga jantan (staminate) ada pada ujung batang terbentuk malai dengan banyak spikelet (anak bunga) yang berpasangan. Anther berjumlah masing-masing tiga dan terbungkus oleh lema, palea, dan glume. Pistil dalam bunga jantan tidak berkembang. Malai ada yang bercabang banyak dan ada yang hampir tidak bercabang.

Bunga betina (pistilate) terdapat pada buku-buku batang dan merupakan cabang dari batang, ada pada tongkol. Tongkol biasanya pada buku ke-6 atau ke-8 dari atas dan terus pada setiap buku di bawahnya. Yang berkembang umumnya hanya tongkol yang teratas atau dengan tongkol nomor dua.

Biji pada tongkol selalu terdapat berpasangan dan sebenarnya merupakan anak-anak bunga berpasangan yang bertangkai sangat pendek (bungan duduk) menempel pada dasar bunga yang tebal yaitu janggel. Karena anak bunga selalu berpasangan maka jumlah baris jagung selalu genap.

Setiap bakal biji mempunyai tangkai putik yang berfungsi sebagai putik yang sangat panjang yang disebut rambut. Rambut ini mempunyai cabang-cabang yang halus sehingga benangsari yang menempel dapat tertangkap dan segera berkecambah sehingga terjadi pembuahan. Segera setelah pembuahan terjadi, pertumbuhan rambut terhenti dan rambut menjadi kering.

Tanah yang baik untuk pertumbuhan jagung adalah tanah gembur dan subur. Karena tanaman ini memerlukan aerasi dan drainase yang baik. Jagung dapat tumbuh dengan baik pada berbagai jenis tanah asalkan mendapat pengelolaan yang baik. Tanah dengan tekstur lempung berdebu adalah yang terbaik untuk pertumbuhan jagung. Kemasaman tanah yang baik untuk pertumbuhan tanaman jagung berkisar antara 5.6-7.5.

Suhu optimum untuk pertumbuhan jagung berkisar antara 24-300C, sedangkan suhu optimum untuk pembungaan dan pemasakan berkisar antara 20-320C. Tanaman ini tumbuh dengan baik pada daerah dengan curah hujan 100-125 mm/bln dengan distribusi tahunan merata. Untuk memperoleh hasil yang baik, tanaman jagung menghendaki keadaan air yang cukup terutama pada fase pembungaan hingga pemasakan biji.

Hama penting yang sering menyerang tanaman jagung antara lain :

  1. Ulat tongkol
  2. Penggerek daun
  3. Ulat tanah
  4. Belalang
  5. Tikus

Sedangkan penyakit yang sering menyerang tanaman jagung antara lain:

  1. Penyakit bulai
  2. Penyakit karat
  3. Busuk batang
  4. Busuk tongkol.

sumber :

Panduan Praktikum
Dasar-Dasar 
Agronomi
fakultas pertanian
IPB

nah kawan-kawan sekarang kita belajar ngatur mouse yuk, gampang kok. pada dasarnya windows7 ato pun windows xp sama. disini nuy kasih contoh untuk keduanya. langsung aja ya gan nih nuy kasih caranya :

langsung buka control panel. yap pilih mouse.

yup yup.. abis itu muncul deh kotak kaya gini nih :

 

cobain aja. satu per satu centang bagian kotak kecil atau geser ke kanan atau ke kiri. lihat perubahan ato efeknya ya,. biar sambil belajar gitu.. hehehe.

itu bagi yang pake windows 7. kalo yang di bawah ini untuk yang pake windows xp gan, ini lanjutan yang di atas, prinsipnya sama aja.

nah kali ini untuk mengubah tampilan pointer. klik ‘pointers’

lalu tinggal pilih-pilih aja tuh tampilan. atau kalo misalnya pengen yang lucu-lucu tinggal download aja lalu klik ‘browse’. lalu OK.

 

nah, kalo mau ngatur kecepatan mouse,  klik pointer options lalu atur kecepatannya pada kotak pertama. geser ke kanan atau kekiri.  coba juga untuk pengaturan yang lainnya

nah kalo untuk mengatur mouse apa saja yang akan digunakan klik hardware. disitu akan muncul mouse-mouse yang pernah digunakan ata yang sedang digunakan. lalu klik OK.

yap yap. selamat mencoba. :)

Kalau kita perhatikan di alam ini terlihat tanaman berjenis-jenis. Mengapa tanaman beragam? Buah cabai yang kecil dan pedas, jika bijinya ditanam maka akan tumbuh cabai. Bukan tomat, terong, sawi. Mengapa ada cabai besar tidak pedas, kecil pedas, keriting, besar dan panjang? Bagaimana fenomena itu dapat diterangkan? Jawabannya adalah genetika.

Genetika adalah ilmu yang mempelajari faktor penentu sifat (gen), yang diwariskan suatu organisme. Penentuan sifat organisme dilakukan oleh gen melalui pengendalian reaksi-reaksi kimia yang menyusun suatu lintasa metabolisme. Di dalam genetika dipelajari suatu struktur, proses pembentukan dan pewarisan gen, serta mekanisme ekspresinya dalam pengendalian sifat organisme.

Ada dua cara untuk mempelajari sifat mewaris (sifat genetik), yakni dengan hibridisasi dan sitogenetika. Hibridisasi adalah mengawinkan dua individu dari jenis (spesies) yang sama atau spesies berbeda dalam genus yang sama, yang keduanya mengandung satu atau lebih beda karakter.  Sitogenetika adalah suatu cabang ilmu genetika yang khusus mempelajari bahan (materi) pembawa sifat mewaris (menurun) itu sendiri. Karena bahan itu terdpat dalam setiap sel yang hidup maka disebut  Genetika Cell.

Gen. Kata ini berasal dari kata Yunani “genes” yang berarti dilahirkan. Lokus menunjukka posisi gen pada kromosom. Setiap gen yang mengendalikan sifat tertentu akan mempunyai tempat. Misalkan gen-gen penentu bentuk biji akan mempunyai lokus yang berbeda  dari gen-gen penentu warna biji. Untuk membedakan gen dari lokus yang berbeda biasanya digunakan huruf yang berbeda, misalnya A dan B. Gen-gen yang mengendalikan ciri yang berbeda untuk sifat atau lokus yang sama biasa diberikan huruf yag sama yang membedakan oleh huruf besar dan huruf kecil.  Alel menunjukkan perbedaan gen yang berbeda pada lokus yang sama. Sebagai contoh pada lokus kulit biji terdapat dua alel yaitu B dan b yang masing-masing mengadakan ciri kuning (dominan) dan hijau (resesif). Sering huruf yang digunakan untuk memberi sandi alel mengambil huruf pertama salah satu ciri sifat. dalam suatu lokus ada kemungkinan terdapat lebih dari dua alel, dan kasus seperti ini disebut alel ganda. Munculnya berbagai alel dalam satu lokus adalah akibat mutasi, yaitu perubahan strukturnya.

Fenotipe mempunyai makna jenis penampila luar, yang biasa dapat diamati seperti morfologi tanaman, daya adaptasi, dll. Misalnya warna bunga, bentuk biji atau tinggi tanaman. Genotipe mempunyai makna jenis gen yang mengendalikan penampilan fenotipe. Misalnya untuk fenotipe bentuk biji dominan bundar, terdapat dua genotipe yaitu RR dan Rr, sedangkan untuk fenotipe bentuk biji keripuit dikendalikan oleh genpotipe rr.

homozigot dan heterozigot digunakan untuk menunjukkan keadaan alel suatu lokus.  Homozigot berarti pada suatu lokus terdapat dua alel yang sama misalnya AA atau aa. Dan sebaliknya adalah heterozigot, yang berarti dalam lokus tersebut terdapat alel yang berbeda misalnya Aa.

Selamat datang di Blog Mahasiswa IPB. Ini adalah postingan pertamamu. Edit atau hapus postingan ini dan mulailah menulis blog sekarang juga!

calendar
February 2015
S M T W T F S
« Dec    
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728